Free Download Modul Ajar Kelas 7 SMP PAI dan Budi Pekerti Fase D Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka


Informasi Umum
Dalam komponen informasi umum, berisi tentang guru penyusun, institusi pendidikan serta tahun penyusunan. Selain itu terdapat pula informasi tentang kelas yang meliputi alokasi waktu pelaksanaan pembelajaran.

Kompetensi Awal
Menyertakan kompetensi yang dimiliki siswa sebelum masuk dan mempelajari tiap topik yang ada pada modul ajar. Hal ini untuk mengukur kedalaman modul ajar yang telah disusun atau dikembangkan oleh guru masing-masing.

Profil Pelajar Pancasila
Komponen ini menjadi tujuan dalam proses pembelajaran yang terkait dengan proses pembentukan karakter Profil Pelajar Pancasila yang digambarkan baik melalui konten maupun metode pelaksanaan pembelajarannya.

Sarana dan Prasarana
Komponen ini terdiri atas fasilitas serta media yang digunakan untuk melaksanakan aktivitas pembelajaran yang meliputi alat maupun bahan, serta materi bahan ajar dengan mempertimbangkan kebutuhan berdasarkan peserta didik.

Target Peserta Didik
Komponen ini mengklasifikasi setidaknya kepada tiga target peserta didik, mulai dari peserta didik reguler, peserta didik dengan kesulitan belajar, serta peserta didik dengan hasil pencapaian tinggi.

Model Pembelajaran
Model pembelajaran memiliki tiga kategori yang terdiri atas pembelajaran tatap muka (PTM), pembelajaran jarak jauh (daring), pembelajaran jarak jauh di luar jaringan (PJJ Luring) serta kombinasi dari PJJ Daring dan PJJ Luring.

Komponen Inti
Komponen inti terdiri dari capaian pembelajaran, elemen berdasarkan fase, tujuan pembelajaran, pemahaman bermakna, pertanyaan pemantik, persiapan belajar, kegiatan pembelajaran, jurnal membaca, refleksi, asesmen/penilaian (terdiri dari asesmen individu atau kelompok), kegiatan remedial, dan kegiatan pengayaan.

Lampiran
Lampiran ini terdiri dari lembar kerja peserta didik (LKPD), bahan bacaan guru & peserta didik, glosarium, dan daftar pustaka.

Muatan materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti disajikannya dalam 5 (lima) elemen keilmuan antara lain al-Quran dan hadis, akidah, akhlak, fiqih, dan sejarah peradaban Islam, pelajaran agama Islam dapat berkontribusi dan menguatkan terbentuknya profil pelajar pancasila sebagai pelajar sepanjang hayat (min al-mahdi ila al-laḥdi) yang beriman dan bertakwa, serta berakhlak mulia, menyadari dirinya bagian dari penduduk dunia dengan berkepribadian dan punya kompetensi global, mandiri, kreatif, kritis, dan bergotong royong.

Berikut file yang bisa didownload yang berbentuk doc/word yang sesuai materi pembelajaran dalam modul ajar Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti kelas 7 SMP fase D kurikulum merdeka untuk semester satu (ganjil):
BAB 1. AL-QUR'AN DAN SUNAH SEBAGAI PEDOMAN HIDUP (Q.S. an-Nisa'/4: 59 dan Q.S. an- Nahl/16: 64. Memahami Isi Kandungan Q.S. an-Nisa'/4: 59 dan Q.S. an-Naḥl/16: 64. Posisi Hadis terhadap Al-Qur'an. Perilaku semangat untuk mendalami Al-Qur'an dan Hadis sesuai dengan Q.S. an-Nisa'/4: 59 dan Q.S. an-Naḥl/16: 64. Hafalan Q.S. an-Nisa'/4: 59 dan Q.S. an-Nahl/16: 64). DOWNLOAD DISINI
BAB 2. MENELADAN NAMA DAN SIFAT ALLAH UNTUK KEBAIKAN HIDUP (Nama-Nama Indah bagi Allah Swt. Mengenal Allah Swt melalui beberapa lafal al-Asma' al-Husnā. Mewujudkan Kebaikan Hidup Sesuai dengan Nama dan Sifat Allah. Perilaku yang mencerminkan al-Asma' al-Husnā al-'Alīm, al-Khabir, al-Sami', dan al-Başir). DOWNLOAD DISINI
BAB 3. MENGHADIRKAN SALAT DAN ZIKIR DALAM KEHIDUPAN (Makna Salat dan Zikir. Salat untuk Meraih ketakwaaan dan Menghindari Perilaku Tercela. Hikmah melaksanakan Salat dan Zikir. Mengamalkan Salat Lima Waktu dan Zikir Secara Istikamah). DOWNLOAD DISINI
BAB 4. MENGAGUNGKAN ALLAH SWT DENGAN TUNDUK PADA PERINTAH-NYA (Perintah agama untuk Sujud Syukur, Sahwi dan Tilawah. Tata Cara Pelaksanaan Sujud Syukur, Sahwi, dan Tilawah. Hikmah Sujud Syukur, Sahwi, dan Tilawah). 
DOWNLOAD DISINI
BAB 5. DAMASKUS: PUSAT PERADABAN TIMUR ISLAM (661-750 M) (Sejarah berdirinya Bani Umayyah di Damaskus. Kemajuan Peradaban Islam pada Masa Bani Umayyah di Damaskus. Memetik nilai Islami dalam Sejarah Bani Umayyah di Damaskus). DOWNLOAD DISINI

Sedangkan modul ajar Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti kelas 7 SMP fase D kurikulum merdeka untuk semester dua (genap):
BAB 6. ALAM SEMESTA SEBAGAI TANDA KEKUASAAN ALLAH SWT (Q.S. al-Anbiya'/21: 30 dan Q.S. al-A'raf/7: 54. Memahami Kandungan Q.S. al-Anbiya'/21: 30 dan Q.S. al-A'raf/7: 54. Pesan Nabi Muhammad saw tentang Menguasai Ilmu Pengetahuan. Nilai-Nilai yang Dapat Dipetik pada Penciptaan dan Pengaturan Alam Semesta. Hafalan Q.S. al-Anbiya'/21: 30 dan Q.S. al-A'raf/7: 54). DOWNLOAD DISINI
BAB 7. MAWAS DIRI DAN INTROSPEKSI DALAM MENJALANI KEHIDUPAN (Iman kepada Malaikat Termasuk Pondasi Kepercayaan dalam Islam. Tugas Malaikat. Hubungan Iman kepada Malaikat dengan Aktivitas Kehidupan. Hikmah Beriman kepada Malaikat. Perilaku Menumbuhkan Karakter Positif sehingga Tertanam Dorongan untuk Beramal Baik dan Menjauhi Amal yang Buruk). DOWNLOAD DISINI
BAB 8. MENGHINDARI GIBAH DAN MELAKSANAKAN TABAYUN (Islam Melarang Gibah. Inspirasi Islami untuk Menghindari Gibah. Islam Menganjurkan Tabayun. Tabayun pada Informasi Media Sosial. Memetik Hikmah dari Tabayun). 
DOWNLOAD DISINI
BAB 9. RUKHŞAH: KEMUDAHAN DARI ALLAH SWT DALAM BERIBADAH KEPADA-NYA (Memahami Makna Rukhsah. Rukhṣah dalam Salat. Kemudahan Bagi Orang Tertentu dalam Puasa. Kemudahan Pembayaran Zakat. Kondisi yang dimudahkan dalam haji. Hikmah Rukhṣah). DOWNLOAD DISINI
BAB 10. ANDALUSIA: KOTA PERADABAN ISLAM DI BARAT (756-1031 M) (Bani Umayyah di Andalusia. Kejayaan Islam di Andalusia. Perkembangan ilmu pengetahuan pada Masa Bani Umayyah di Andalusia. Memetik Nilai Islami dalam Sejarah Bani Umayyah di Andalusia). DOWNLOAD DISINI.

Demikian Free Download Modul Ajar Kelas 7 SMP PAI dan Budi Pekerti Fase D Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka, semoga bermanfaat.
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak