Langkah Mudah Menggunakan Akses Rapor Satuan Pendidikan

Sebelum menggunakan platform Rapor Pendidikan, perlu diketahui yang dapat mengakses platform Rapor Pendidikan adalah kepala satuan pendidikan, guru dan operator sekolah yang memiliki email dengan domain @admin dan @guru. serta dinas pendidikan yang memiliki email dengan domain @dinas

Namun pada praktiknya, kepala satuan pendidikan atau dinas memiliki hak dan wewenang untuk memperbolehkan tenaga kependidikan atau jajarannya untuk melihat hasil Rapor Pendidikan.

Untuk masuk ke platform Rapor Pendidikan, Anda perlu terhubung dengan koneksi internet, tetapi tidak perlu khawatir karena Anda dapat mengunduh data hasil Rapor Pendidikan dalam format Microsoft Excel yang dapat dipergunakan secara luring.

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, bahwa yang dapat mengakses Rapor Pendidikan adalah:
  1. Kepala dan pejabat dinas yang ditunjuk dengan email domain @dinas
  2. Pendidik dengan email domain @guru
  3. Kepala dan operator satuan pendidikan dengan email domain @admin

Saat ini, ada pihak lain yang juga dapat mengakses Rapor Pendidikan, yaitu Plt Kepala Satuan Pendidikan. Plt Kepala Satuan pendidikan merupakan guru yang diberi tugas sebagai pelaksana untuk menjamin kelancaran dalam mengelola, memberikan pelayanan di satuan pendidikan dan bersifat sementara.

Untuk Plt Kepala Satuan Pendidikan yang belum memiliki akun guru, Anda dapat melihat panduan berikut untuk mendapatkan dan mengaktivasi Akun Belajar.id mereka.

Sedangkan untuk Plt Kepala Satuan Pendidikan yang sudah memiliki dan mengaktivasi Akun Belajar.id tetapi muncul notifikasi "Anda Tidak Memiliki Akses".

Langkah Mudah Menggunakan Rapor Pendidikan
Rapor Pendidikan adalah Aplikasi Berbasis Web yang menampilkan informasi Profil Pendidikan serta data hasil evaluasi sistem pendidikan sebagai penyempurnaan dari Rapor mutu.

Rapor Pendidikan juga bertujuan untuk memudahkan satuan pendidikan membuat Rancangan Berbasis Data (PBD) agar lebih tepat guna.
Berikut adalah langkah mudah untuk menggunakan Rapor Pendidikan:
  1. Memastikan akun Belajar.id Anda sudah aktif dan mendapat akses ke Rapor Pendidikan
  2. Jika sudah memastikan akun Belajar.id Anda aktif dan dapat mengakses Rapor Pendidikan, maka Anda bisa melihat hasil capaian dan melakukan eksploras dengan lebih mudah.
  3. Memeriksa data Anda di dapodik secara berkala. Hal ini bertujuan agar saat Anda mengakses Rapor Pendidikan, data yang ditampilkan sesuai dengan data satuan pendidikan yang sedang Anda jalankan. Anda juga bisa memeriksa email secara berkala karena saat ini sudah ada pemutakhiran data Auto sync antara data Anda di Dapodik dan Belajar.id.
  4. Melakukan Eksplorasi di dalam Dashboard. Dengan melakukan eksplorasi mulai dari melihat hasil capaian, angka delta, akar masalah hingga inspirasi benahi membuat Anda akan lebih mudah melihat detail indikator apa saja yang perlu pembenahan. Misal nya Indikator dengan capaian Kurang, atau angka delta yang menurun dari tahun lalu, hingga inspirasi benahi apa saja yang bisa dilakukan.
  5. Mengunduh Rapor Pendidikan untuk Pembuatan Perencanaan Berbasis Data (PBD). Jika Anda sudah melihat dan memahami indikator apa saja yang perlu pembenahan, pembuatan PBD akan jauh lebih mudah dan efektif.
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak