Mengapa Asesmen Nasional diikuti oleh seluruh satuan pendidikan?

Mengapa Asesmen Nasional diikuti oleh seluruh satuan pendidikan?

Dalam Asesmen Nasional sebagai bentuk evaluasi sistem pendidikan yang dilakukan oleh pemerintah pusat diperlukan dalam rangka memperoleh informasi yang akurat dan komprehensif dalam bentuk Profil Pendidikan dan Rapor Pendidikan.
Profil pendidikan tersebut terdiri dari:
1. Profil Satuan Pendidikan;
2. Profil Pendidikan Daerah; dan
3. Profil Pendidikan Nasional.

Profil Pendidikan tersebut dapat membantu satuan pendidikan dan Pemerintah dalam mengidentifikasi indikator-indikator yang sudah baik maupun yang masih perlu ditingkatkan, kemudian melakukan refleksi untuk menentukan akar masalah, dan menyusun program serta strategi membenahi akar masalah tersebut untuk peningkatan mutu pendidikan.
ASESMEN NASIONAL
Untuk Satuan pendidikan yang mengikuti Asesmen Nasional akan memiliki Profil dan Rapor Pendidikan yang tertuang dalam Platform Rapor Pendidikan. Profil dan Rapor Pendidikan tersebut menunjukkan kondisi terkini dari satuan pendidikan, dimana terdapat fitur “Rekomendasi” berdasarkan masalah dan akar masalah yang dihadapi oleh masing-masing satuan pendidikan. Selanjutnya satuan pendidikan dapat memanfaatkan rekomendasi tersebut untuk dituangkan dalam Rencana Kinerja Tahunan (RKT) dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) masing-masing.
Itulah sebabnya Mengapa Asesmen Nasional diikuti oleh seluruh satuan pendidikan.



Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak